cara lovebird jinak dan tidak giras
Lovebird jinak makan

Cara Menjinakan Lovebird Paud Giras Takut Orang

Diposting pada

Lovebird Jinak – Burung jinak artinya burung tersebut sudah tidak takut lagi sm manusia. Apabila burung tersebut tidak diloloh sedari kecil atau burung tersebut didapat dari alam liar, biasanya akan giras atau takut jika melihat manusia.

Tak jarang banyak orang menukar lovebird yang giras dg lovebird yg sudah jinak kpd org lain. Baik yang paud atau yg sudah dewasa sekalipun.

Setiap orang pasti menginginkan burungnya jinak agar enak dilihat. Membuat lovebird jinak tentu penting supaya mudah dilatih atau dimaster.

Jinakin Lovebird Giras Gampang Lho!

Ini adalah cara yang pasti dan membutuhkan ketekunan, (sebenarnya ada cara yg simple, tp itu masih mitos, belum tentu berhasil), jadi kali ini kita memberti tahu cara yang pasti-pasti aja ya gan. Berikut poin pentingnya:

  • Pola perawatan harian yg teratur
  • Terapi atau pelatihan agar cepat jinak
cara lovebird jinak dan tidak giras
Lovebird jinak makan

2 Tahapan Menjinakan Lovebird Giras

Dibawah ini langkah2 cara menjinakan lovebird yang sangat giras. Dimulai dg cara memandikannya hingga basah kuyup hingga proses ritual atau terapi penjinakan lb. Tapi  sebelum memulai terapi penjinakannya, Sobat kicau perlu memperhatikan hal-hal ini:

  • Keluarkan burung lovebird pada pagi hari, lalu gantang di tempat adem.
  • Kurangi pakan buah dan sayuran yang dapat meningkatkan efek birahi misalnya buah apel merah, kangkung, jagung, tauge, bayam, dan lain-lain.
  • Tidak boleh langsung menjemur lovebird sebelum diberikan ritual, karena penjemuran justru dapat membuat burung lovebird naik birahinya karena kepanasan sehingga menyulitkan tahap pelatihannya.
  • Saat memandikan lovebird air tidak boleh masuk hidung atau paruhnya. Karena dapat membuat lovebird mudah sakit.

1. Cara Memandikan Lovebird Hingga Basah Kuyup

Setelah memperhatikan 3 poin diatas, selebihnya Sobat Kicau sudah siap untuk melakukan tahap pertama untuk menjinakan lovebird ini. Berikut ini cara memandikan lovebird basah kuyup agar cepat jinak:

  • Turunkan sangkar lovebird beserta burung lb giras didalamnya, kemudian keluarkan lovbed menggunakan tangan yang paling nyaman menurut kita.
  • Mandikan lovebird sampai basah kuyup dengan cara diguyur menggunakan air mengalir dari kran atau selang. Alternatif lain memandikan lb adalah dengan menggunakan air di dalam baskom atau ember.
  • Selama memandikan lovebird, hindari supaya air nggak masuk ke dalam paruh atau lubang hidungnya karena bisa membuat lovebird tersedak jadi mudah sakit kedepannya.

2. Terapi atau Pelatihan agar Cepat Jinak

Pada tahap kedua ini, admin harap sobat kicau sudah membacanya dari awal. Sehingga cara menjinakan lovebird sangat efektif,

  • Setelah tahap 1 memandikan hingga basah kuyup, letakkan burung lovebird di atas sangkarnya (tenang tidak bisa kabur kok).
  • Dengan syarat kondisi bulu lovebird yang masih basah kuyup, karena saat basah bulunya lovebird pasti tidak bisa terbang dan kabur melarikan diri. Namun jika Sobat Kicau merasa khawatir lovebirdnya kabur, silakan lakukan cara tersebut di ruangan tertutup.
  • Apabila burung lovebird sudah mau mematuki jari tangan kita, tahap selanjutnya yaitu melatihnya supaya mau mengambil makanan dari tangan kita. Caranya yaitu dengan meletakkan beberapa biji milet di atas telapak tangan atau jari kita, lalu sodorkan kepada burung.

Untuk menjinakan lovebird agar efektif, tahapan dan pelatihan penjinakan tersebut seharusnya dilakukan dengan rutin setiap harinya. Kemudian hentikan terapi2 tersebut ketika burung sudah mulai terlihat tidak giras lagiatau lebih jinak daripada sebelumnya.

Loading...

5 thoughts on “Cara Menjinakan Lovebird Paud Giras Takut Orang

  1. om lb saya kalo mau dimandiin pake selang kan itu lb nya hrs di keluarin pake tngn tapi pas dipegang tangan saya malah digigit om…gimana nih solusunya om
    trim’s

  2. Dingigit sakit um klo mau d kluarin ..pas udh dkluarin dia ngekek mulu kyk takut gtu .. ggmana nih biar cpet jinakklo bgni ..
    Sy mau tanyanklo d mandi.in pakai smprotan nya yg buat mandi.in burung itu bisa gak ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *